7 Tips Merawat PC Gaming Agar Performa Selalu Optimal



Main game kerap menciptakan orang lupa waktu. Benar begitu, spAcer? Rasanya susah buat berhenti sebelum engkau  berhasil mengalahkan seluruh musuh atau menerima reward yang ditargetkan. Karenanya, mempunyai PC gaming yang punya spesifikasi mumpuni adalah hal penting buat menunjang kegiatan gaming kamu.

Namun, hal tersebut tidaklah relatif. Kamu pula perlu merawatnya supaya performa perangkat tetap terjaga. Jangan sampai perangkatmu mendadak mengalami lag pada tengah game hanya karena kamu malas merawatnya, entah itu karena syarat fisik atau pun software yang tidak pernah di-update.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, kamu harus melakukan beberapa hal berikut adalah sehingga performa PC gaming tetap terjaga & kegiatan bermain game pun tidak akan terganggu.

Rutin Membersihkan Debu
Tips satu ini mungkin terdengar sangat mendasar, tetapi nyatanya nir sedikit orang yang masih mengabaikannya. Sama seperti mesin lain yang mempunyai bagian ventilasi, debu pasti akan masuk pada PC gaming kamu, spAcer. Seiring dengan berjalannya saat, jika dibiarkan, debu dan kotoran akan menumpuk pada pada perangkatmu & menutupi komponen-komponen krusial pada dalamnya, Akibatnya, PC engkau  akan mengalami kesulitan pada mengalirkan udara sehingga mampu menyebabkan overheating.

Setidaknya, selama 3 bulan sekali, luangkan saat buat membersihkan PC kamu. Semakin acapkali, tentu akan semakin bagus. Sebelum melakukan hal tadi, jangan lupa buat mematikan perangkat PC, memastikan bahwa asal daya listrik (power supply) sudah berada dalam posisi off & bubut seluruh kabel.

Jika kamu memasang case pada PC gaming, pastikan kamu buat melepasnya jua. Lakukan inspeksi syarat case tersebut. Jika terlihat kotor, segera bersihkan memakai air. Pastikan kondisinya sahih-benar kering sebelum engkau  memasang balik  case tadi dalam PC kamu ini.

Instalasi Kabel yg Baik
Umumnya, setiap gaming PC dilengkapi menggunakan power supply yang bertenaga. Power supply semacam itu umumnya mempunyai poly sekali kabel. Apabila memakai power supply modular, engkau  mungkin tidak akan menemui perkara dalam hal instalasi kabel lantaran mampu memasang dan melepas kabel-kabel yang nir dipakai secara mudah. Tetapi, bagi yang menggunakan power supply non modular, kemungkinan besar  kamu akan berhadapan menggunakan instalasi kabel yang tidak rapi pada kurang lebih PC.

Nah, kabel menggunakan kondisi yang tidak rapi berpotensi menyebabkan korselet, spAcer. Terlebih, syarat tadi juga bisa menutupi bagian kipas PC sehingga arus udara pun menjadi tidak lancar. Untuk mengatasinya, sebaiknya engkau  memposisikan kabel di belakang motherboard. Apabila memakai casing akbar dalam PC, engkau  bisa menyediakan space di bagian belakang casing buat tempat menyimpan kabel buat dihubungkan ke masing-masing perangkat. Dengan begitu, kabel akan terlihat lebih rapi dan PC engkau  pun mempunyai arus udara yg tidak terhalang.

Update Driver Kartu Grafis
Performa suatu gaming PC ditentukan sang banyak hal, galat satunya adalah kartu grafis. Kabar baiknya, merawat performa kartu grafis sama sekali tidak susah dilakukan selama kamu rutin melakukan update. Apabila nir dilakukan, telah bisa dipastikan performa PC kamu akan menurun bahkan hingga mengalami lag berkelanjutan. Untungnya lagi, umumnya penghasil kartu grafis seperti Nvidia & AMD akan secara teratur memperbarui driver pada PC gaming yang kamu pakai. Dengan begitu, kinerja PC engkau  dapat selalu semakin tinggi & beradaptasi menggunakan setiap permainan baru yg engkau  install.

Defrag Hard Drive PC Gaming Kamu
Seiring menggunakan berjalannya saat dan pemakaian yg semakin tinggi, performa PC gaming sanggup mengalami penurunan. Tetapi, engkau  sanggup mencegah hal tersebut menggunakan rutin melakukan defrag terhadap komponen hard drive-nya. Di pada hard drive, masih ada banyak sekali sektor yg menampung data-data kamu PC kamu secara terpisah. Semakin sering engkau  menggunakan PC, semakin banyak data yang ditampung hard drive. Hal inilah yg membuat hard drive harus bekerja lebih keras buat mencari dan me-load data yg engkau  minta.

Dengan melakukan defrag, cakram pada hard drive kamu tidak perlu membaca sesuatu yg sudah dihapus sebelumnya. Selain itu, langkah ini jua bisa menaikkan organisasi internal menggunakan sahih. Apabila kamu nir melakukan defrag, hard drive akan terus membaca sesuatu yang telah tidak ada dan akan membuat PC gaming berjalan lebih lambat. Tetapi, engkau  tidak perlu melakukan defrag jika menggunakan SSD lantaran justru akan memperpendek usia SSD kamu.

Hapus Aplikasi yg Tak Terpakai
Setiap space yang tersisa dalam disk perangkat PC sangatlah berharga. Kamu mampu memanfaatkan space tadi buat memasukkan game yg engkau  ingin mainkan. Terlebih apabila kamu tidak mempunyai disk ukuran besar . Tentunya kamu wajib  melakukan pertimbangan ekstra dalam menentukan game buat diunduh.

Oleh sebab itu, engkau  dianjurkan buat menghapus berbagai aplikasi yang tak terpakai dari PC gaming, termasuk beragam aplikasi pre-installed yang umumnya telah terdapat semenjak kamu membeli PC. Untuk melakukannya, engkau  bisa pribadi membuka Control Panel, kemudian klik “uninstall a program” di bawah bagian Programs. Jika memakai Windows 10, engkau  pula sanggup menghapus pelaksanaan dengan membuka Settings > System > Apps and Features. Kedua metode tersebut akan memberi memahami berapa berukuran setiap aplikasi dan kapan kamu melakukan install-nya.

Jangan Menjalankan Program Lain Saat Main Game
Saat nir bermain game, hal-hal lain apa yang umumnya engkau  lakukan dengan PC gaming, spAcer? Mayoritas menurut kamu mungkin akan menjawab browsing dan membuka akun media sosial. Program atau pelaksanaan tersebut memang sangat bermanfaat & menyenangkan buat dibuka saat engkau  tak sedang bermain game. Namun, waktu bermain game, usahakan kamu menutup seluruh acara lain supaya semua sistem sanggup tertuju aporisma pada aplikasi game yg sedang kamu buka. Dengan begitu, aktivitas gaming sanggup berjalan lebih optimal.

Aktif Scan Virus dalam PC Gaming & Update Software
Melakukan update pada kartu grafis akan membuat hardware PC kamu berjalan optimal. Tetapi, hal tadi tidaklah relatif, spAcer. Kamu jua wajib  aktif men-scan PC dari adanya virus malware sekaligus melakukan update pada perangkat lunak yg kamu pakai. Biasanya, update aplikasi kerap menambahkan beberapa fitur baru & melakukan optimisasi performa. Ia akan meningkatkan aspek keamanan sehingga perangkat engkau  sanggup aman menurut ancaman online.

Semakin poly program yg engkau  install, semakin susah bagi PC untuk melacak seluruh update yang dibutuhkan. Untungnya, engkau  sanggup memakai program misalnya Secunia Personal Software Inspector buat mempercepat proses tersebut. Program ini akan melakukan scanning sistem engkau  & memisahkan software ke dalam beberapa bagian, termasuk memisahkan perangkat lunak yang sudah up-to-date dan perangkat lunak yg membutuhkan update.

Selain menerapkan tujuh hal pada atas buat menjaga performa PC gaming, pastikan kamu juga selalu berhati-hati pada mematikan perangkatnya, spAcer. Seletih apa pun kamu setelah bermain game, jangan pernah mematikan PC dengan cara mencabut sambungan listrik secara eksklusif. Hal ini mampu mengakibatkan kerusakan yang relatif parah pada komponen PC engkau .
0 Komentar untuk "7 Tips Merawat PC Gaming Agar Performa Selalu Optimal"

Back To Top