4 Tips Bagi Pemula buat Terjun pada Dunia PC Gaming

 PC Gaming


PC (Personal Computer) sebenarnya bukanlah platform game, namun seiring menggunakan perkembangan jaman, PC menjadi sebuah galat satu “platform” game yg diminati. Banyak game-game hebat termasuk game PS4 yg lahir menurut PC, game engine sekelas CryEngine-pun dibentuk menggunakan PC. Hadirnya mod yang membuat game-game lebih menarik saat dimainkan di PC tidak ayal menciptakan para gamer memilih PC sebagai platform gaming mereka. Akan namun dibalik seluruh itu, nir sedikit jua gamer yang beranggapan bahwa PC Gaming itu mahal. Hal ini di patahkan di artikel gamebrott sebelumnya bahwa kamu tidak perlu menjadi kaya raya buat terjun ke dunia PC Gaming. Pembahasan kita kali ini akan sedikit tidak sama dari artikel sebelumnya, kali ini kita akan membahas 4 tips bagi engkau  para “newbie” yg ingin terjun ke dunia PC Gaming.

1. Cari Tahu Apa yang Kamu Butuhkan
Mungkin poly berdasarkan kalian yg sudah memiliki desktop PC buat sekedar browsing, menonton YouTube, mengirim e-mail, mengerjakan tugas, atau sebagainya. Tapi, tahukah kamu bahwa di dalam PC terdapat banyak sekali komponen dalam CPU yg kamu butuhkan agar PC milikmu dapat engkau  gunakan buat bermain game? Mulai berdasarkan Processor, RAM, VGA, dan HDD. Cari tahu spesifikasi PC terendah apa yg kamu butuhkan buat bermain sebuah game menggunakan browsing spesifikasi PC terendah yg dibutuhkan buat bermain game yg engkau  sukai di internet. Dengan begitu engkau  akan tahu, spesifikasi PC mu kini   cukup atau nir.

Contoh, kamu ingin bermain GTA V & contohnya spesifikasi terendah yang diharapkan GTA V merupakan core i5 / AMD FX, RAM 8GB, VGA 1 GB, & HDD 60GB, setelah engkau  pelajari komponen PCmu sendiri ternyata engkau  memiliki PC sesuai spesifikasi tersebut, tetapi tidak menggunakan VGA-mu yg masih terlampau rendah. Dari sini engkau  tahu apa yg engkau  butuhkan, engkau  wajib  membeli VGA baru buat meng-upgrade PC-mu supaya bisa memainkan GTA V. Ini juga dapat membuatmu sedikit berhemat.

Dua. Riset & Pelajari Hardware PC pada Internet
Hal terpenting yang wajib  engkau  lakukan berikutnya adalah melakukan riset hardware PC yg mengagumkan di Internet. Mungkin ini merupakan sesuatu yg sangat menjengkelkan buatmu, terlebih bagi kamu yg masih awam pada global PC Gaming. Kamu bisa memulainya berdasarkan processor yg terbagi atas 2 brand AMD & Intel, bagaimana spesifikasi menurut keduanya baik dari tipe & kecepatan processor, berapa core yang dimiliki, bagaimana fungsi berdasarkan tiap komponen yang terdapat pada processor, bagaimana perbedaan tiap komponen, hingga tipe socket apa yang dimiliki processor. Kamu jua dapat melakukan hal yang serupa pada komponen selanjutnya seperti RAM, VGA, HDD, Power Supply, & lain sebagainya.

Memang sangat menjengkelkan jika kamu harus mengingat dan mengusut ratusan jenis processor & komponen lainnya. Tetapi percayalah, waktu engkau  telah mengetahui sebagian akbar menurut tipe komponen-komponen tersebut, engkau  akan lebih bijak pada memilih komponen mana yang wajib  kamu beli buat merakit PC baru atau meng-upgrade PC lamamu tanpa harus membuang poly uang sia-sia. Saya juga merasakan hal itu saat pertamakali terjun ke global PC Gaming, mungkin aku  masih belum mampu dikatakan paripurna untuk hal ini misalnya pakar IT dalam umumnya, tapi setidaknya saya memahami betul komponen PC apa saja yg saya butuhkan.

3. Sesuaikan menggunakan Apa yang diharapkan
Poin ke-3 ini hampir sama dengan poin ke-dua, engkau  wajib  menyesuaikan komponen PC mu dengan apa yg engkau  butuhkan. Misalnya, kamu ingin merakit PC buat bermain game sekelas Battlefield tiga, menggunakan setting grafik high dan resolusi 1080 pixel, maka kamu wajib  sesuaikan spesifikasi PC mu dengan hal itu. Akan sangat sia-sia jika kamu merakit PC mu menggunakan spesifikasi “monster” misalnya Intel Core i7 4.0Ghz, RAM 16 GB, GTX 780 4GB GDDR lima, & HDD 2TB namun hanya kamu pakai buat bermain game seperti League of Legends atau DotA 2 yang notabene hanya membutuhkan spesifikasi PC yang nir begitu tinggi.

Berbeda lagi ceritanya jika engkau  merakit PC mu buat bermain game resolusi tinggi atau merakit PCmu tidak sekedar untuk bermain game saja. Misalnya engkau  ingin mengedit video, membuat animasi 3D, atau rendering VFX (Visual Effect) sekelas VFX pada film Transformers pada After Effect. Maka spesifikasi “monster” yg aku  sebutkan di atas wajib  kamu miliki. Sesuaikan dengan apa yg kamu butuhkan, jangan membuang sia-sia uangmu hanya untuk hal yg tidak kamu butuhkan.

4. Menabung
fokus menabung, bukan termotivasi buat nyamperin teller nya
Kalian telah memahami apa yg saya maksud, tidak sedikit uang yang wajib  kamu persiapkan buat membeli atau meng-upgrade PC. Salah satu cara agar engkau  mempunyai banyak uang adalah menabung, terlebih bagi kamu yang masih sekolah. Mungkin beberapa menurut kalian menganggap cara ini adalah cara yang sangat menjengkelkan dan antik, tapi percayalah, engkau  akan menerima kepuasan tersendiri ketika kamu menabung dan mampu mendapatkan jumlah uang yang cukup buat membeli atau meng-upgrade PCmu.

Selain bisa membeli atau meng-upgrade PC, menabung juga bisa menghantarkanmu agar sanggup membeli game original. Oke, aku  nir munafik disini, memang engkau  bisa memainkan game bajakan pada PC secara gratis. Tapi, apakah engkau  nir sedih apabila developer game kesukaanmu bangkrut & tidak menghasilkan game kesukaanmu akibat pembajakan? Salah satu cara supaya hal itu tidak terjadi merupakan menggunakan membeli game protesis mereka.

Membeli game original tidak harus mahal, kamu sanggup membeli game PC original dengan diskon   besar -besaran di steam summer sale dan beberapa bonus yg diberikan oleh Origin (EA), uPlay (Ubisoft), dan seller game original lokal terpercaya. Beberapa event diskon   yang perlu kamu catat galat satunya adalah steam summer sale, christmas sale, dan winter sale. Dengan membeli game original, maka secara nir eksklusif engkau  menghargai kerja keras developer & mendukung developer tersebut bertahan hidup agar permanen bisa membuat game-game kesukaanmu selanjutnya. Bukankah adalah sebuah prestasi tersendiri bagimu bila engkau  sanggup merakit / upgrade PC & membeli game original-mu dengan jerih payahmu sendiri?

Oke, hingga disinilah pembahasan kita kali ini. Semua hal yg saya tulis disini adalah tips dan saran bagi kamu yg masih baru ingin terjun di global PC Gaming. Saya nir bermaksud menyalahkanmu apabila engkau  punya spesifikasi “monster” tapi hanya kamu pakai buat bermain game sekelas DotA dua, semua pulang kepada keputusanmu, karena uang yang engkau  gunakan adalah uangmu sendiri. Inti berdasarkan pembahasan kita kali ini adalah, belajar untuk menghemat pengeluaranmu se minimal mungkin dengan membeli spesifikasi PC yg kamu butuhkan buat bermain game.

Jangan pernah lupa buat memeriksa setiap komponen PC yg ada, agar dapat memudahkanmu buat merakit & meng-upgrade PC-mu secara bijak kedepannya. Dan selalu jangan lupa buat merakit PC supaya sesuai dengan apa yang engkau  butuhkan demi kebaikanmu sendiri.
0 Komentar untuk "4 Tips Bagi Pemula buat Terjun pada Dunia PC Gaming"

Back To Top